Postingan Kedelapanbelas : Beasiswa JPU Telkom University 2019/2020

Bismillah.

Halo, semuanyaa! Di postingan kali ini, aku bakalan bahas pengalamanku ikutan beasiswa JPU Tel-U. Sebelumnya, aku mau jelasin dulu JPU itu apa siih.

JPU singkatan dari Jalur Prestasi Unggulan, salah satu jalur masuk ke Tel-U yang fully funded alias beasiswa alias gretong. JPU sendiri tahun kemarin diadakan bentrok dengan salah satu jadwal UTBK. Jadii, kalau kalian bener-bener mau dapetin ini, make sure jadwal UTBK kalian ga bentrok sama jadwal JPU yaa. JPU sendiri men-cover semua biaya dari mulai bangunan sampai semesteran, tentunya kalau memenuhi syarat tertentu yang bakal aku jelasin nanti.

Aku sendiri tertarik ikutan JPU karena ada kakak kelasku yang keterima. Gretong iya, fasilitas bagus, dan Tel-U sendiri setahuku itu universitas swasta nomor satu di Indonesia. Jadii bener-bener gaakan rugi deeh nyobain masuk jalur sini.

Oiya, aku mulai mantap daftar JPU ini pas ditolak SNMPTN. Waktu itu khawatir aja gituuu, gak tahu kenapa takut gap year. Jadi yaaa sebenernya niat daftar ini sebagai cadangan gitu. Cadangan yg kalaupun masuk sini, gaakan protes karena Tel-U udah bagus bangeeet.

Oke, aku mulai dari cara pendaftaran yaa gais ^0^

[1] Beli Voucher

Yang pertama harus dilakukan kalau mau daftar, adalah beli voucher untuk aktivasi akun. Tahun kemarin sih harganya 200 ribu, itu udah termasuk voucher premium member youthmanual (aplikasi buat tes bakat minat gituu). Terus kita aktivasi kan, nih. Isi aja semua yang diminta di sana.

For your information, JPU ini syarat usianya maksimal 25 tahun. Jadi bisa banget niih, yang gap year atau mau pindah jurusan dan universitas buat daftar JPU ini.

[2] Pilih Jurusan

Nah, nanti kalian bakal disuruh milih jurusan. Bisa sampai lima! Dan saranku sih, isi aja kelima-limanya. Aku sendiri dulu milihnya bisnis international class, bisnis, informatika intern class, informatika, satu lagi lupa wkwkwk. Jadi yaa, intinya kalian bisa milih international class juga.

[3] Tunggu Jadwal Tes

Kalau udah beres, yaa tinggal tunggu jadwal tes dan belajar. Oh iya, pagi-pagi itu khusus tes untuk yang mau masuk jurusan saintek, siang-siang untuk semua jurusan, dan sesi akhir ada tes menggambar. Aku sendiri karena pilihannya bisnis dan informatika, which is soshum dan saintek, maka aku tes dari sesi pagi sampai siang ajaa. Yang gambar aku gak ikutan. Yaa pokoknya sesuaiin aja laah sama jadwal yang dikasih nanti.

Untuk saintek bakal dites TPA+Indonesia+Inggris+MTK+Fisika, kalau soshum cuma TPA+Indonesia+Inggris. Kalau ada sangkut paut sama gambar, yaa berarti yang soshum+gambar.

[4] Tes, deh!

Lupa bilang. Saranku, kalau kalian ada waktu, coba survey tempat dulu. Kalau gak bisa, datangnya pagi-pagi banget. Soalnya Tel-U luas pisan cooyy, pusing aku nyari tempatnya juga. Teruus, jangan lupa bawa peralatan. Saranku, bawa papan dada karena ngerjainya pake LJK. Bawa pensil, penghapus, pengserut, pulpen. Pake baju sesuai sama kriteria. Jangan cari gara-gara deh, pokoknya.

[5] Keterima!

Untuk ngecek keterima atau engganya, bisa cek di web tempat kita aktivasi akun. Di akun kita nanti ada sendiri kokk, status keterima atau engganya. Kalau keterima, kalian bakal dapet banyak file lampiran surat. Isinya berupa MoU yang harus ditandatangan di atas materai dan discan, terus diupload ke webnya.

Aku mau curhat dikit. Jadii tuuh, aku sedikit bingung karena gak ada tulisan deadline penguploadan file-file ini. Karena takut, jadi aku ttd semua MoU, beli banyak materai 6000an. Sampai akhirnya pas aku dapet SBMPTN, alhasil semua surat-suratnya udah gak berguna. Materi 6000 nya udah terlanjur kepake. Mana banyak bangeet. Terus kayaknya niih, kita upload berkas habis pengumuman SBMPTN pun kayaknya tetep gak dianggap telat :/

Jadi kalau mau sii, scan beberapa file yang bakal diminta nanti kalau pengunduran diri ajaa. Yang lainnya nyusul aja pan kapan.

[6] Bayar ....

Naah, kalau kalian udah keterima, sebenernya kalian bakal disuruh bayar 4.150.000 untuk biaya asrama (wajib) dan asuransi. Tapii uangnya bisa balik lagi kalau kalian lulus SBMPTN. KALAU BAYARAN ada deadline nya ya gais.

[7] Ketentuan

Di isi file-file lampiran ini, bakal ada ketentuan beasiswa, yang udah aku mention di awal. Jadiii, ketika kalian dapat JPU, otomatis mencover semua biaya kecuali yang perlu dibayar di atas, dan UKT semester 1 saja. Lho, semester lainnya gimana? Semester lainnya bakal disesuaikan sama IP semester kita seperti yang dijelaskan di bawah ini.



Jadi yaa, kalau keterima beasiswa, gak serta merta leha-leha. Ada beban yang harus ditanggung. So, jangan sampai malas belajar, yaa!

[8] Pengunduran Diri

Kalau kalian keterima SBMPTN, kalian bisa mengundurkan diri secara online. Cuma disuruh upload beberapa berkas ajaa nanti.

[9] Lampiran

Yaaak sekian aja postingan kali ini. Di akhir pos ini, aku kasih file soal tahun kemarin. DISCLAIMER : di soalnya ada beberapa jawabanku, tapiii aku gak jamin semuanya bener, karena aku sendiri gak tahu kunjawnya. Jadi pelajari lagi aja yaa, bahas sama guru atau teman jawaban benarnya apa.

Ini dia soal JPU 2019 :

bit.ly/jpu2019mafi SAINTEK
bit.ly/jpu2019tpabahasa TPA BAHASA


Oiya, aku keterima JPU di ICT Business (pilihan pertama), jadi yaa paling jawabanku bisa dijadikan acuan kalau mau ke jurusan itu. Kalau ada yang mau ditanyakan, bisa reply di komen yaa. Have a nice day, everyone~

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer