Postingan Keenambelas : Ospek Kuliah

Whaaa gak kerasa yea tahu-tahu si Anak Lucu udah kuliah aja hahahaha. Alhamdulillah, banyak-banyak aku bersyukur karena jurusan yang menerimaku adalah jurusan yang sama yang aku impikan. Meski jurusan ini sempat jual mahal pas nolak aku di SNMPTN, tapi gak papa lah. Sing penting ayeuna abdi di dieu (yang penting sekarang aku di sini).

Kalau ada yang bertanya-tanya, aku kuliah di jurusan psikologi. Dan kalau ada yang nanya juga gimana kuliahnya? Jawabannya: baik-baik aja.

Kuliahku dimulai dengan ospek universitas yang cuaapeeek banget menurutku. Ke sana kemari jalan, mana matahari panas banget parah. Gak lupa duduk berjam-jamnya yang juga menyiksa. Meski gitu, tetap senang sih, karena pas ospek univ jadi dapet teman baru dari jurusan lain.

Usai ospek univ, dilanjut dengan ospek fakultas selama tiga hari. Kalau ada yang bilang, ospek psikologi mah pasti enak, gak dimarah-marahin, jawabannya: EMANG AHAHAHAHAHAHAHAHAHA, makanya ayo masuk psikologi XD

Ospek fakultas ku ini isinya kebanyakan duduk di ruangan, dengerin materi yang alhamdulillah berguna bangeeet. Tapi juga ada jalan-jalan keliling fakultasnya, biar kita lebih ngenal ada gedung apa aja sih, di sini tuh. Oh iya, ciri khas utama ospek tuh biasanya disuruh bikin perintilan aneh-aneh kan, ya? Nah, alhamdulillah sih, di fakultasku cuma disuruh bikin nametag dan pita medik. Sisanya yaa, disuruh bawa hal-hal yang emang berguna kayak makan siang, air minum, dll.

Habis ospek fakultas, minggu depannya langsung belajar deh! Matkul wajib dari fakultas aku sendiri tuh ada Pengantar Psikologi, Biospsikologi, Pengantar Filsafat, dan Statistika. Sisanya ada pelajaran TPB (tahap persiapan bersama) kayak Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, PPKn, Agama, dan OKK (kayak bakti desa gitu deeh).

Sejauh ini, aku belum nemu matpel yang aku suka banget. Cuma biospsikologi, dimana aku dari SMA gak terlalu suka b i o l o g i, suprisingly jadi menarik karena dosennya cakap dan menguasai banget materinya. Untuk pelajaran tersulit aku nobatkan ke filsafat. Ya Allah otak aku literally suka gak nyampe kalau diskusi Aristoteles, Plato, Socrates, dan teman-temannya T-T

Gak berselang lama setelah ospek fakultas, ada lagi ospek kedua. Ospek ini jangka waktunya lama, yaitu dua bulan. Diadakan setiap hari Sabtu which means mempersulit hidupku untuk balik ke rumah. Tapi ya sudahlah :(

Ospek ini namanya EXPO. Di samping EXPO, kakak-kakak BEM dari Departemen Akademik dan Keprofesian (Akprof) juga ngadain acara namanya College101 dimana kita dikasih tips n trick survive di dunia perkualiahan. Luar biasa kaann, ospek psikologi? :)

Oh iya, konten EXPO juga keren banget. Kalo di ospek fakultas yang 3 hari itu kita dikenalin dari mulai dekan, budaya di fakultas psikologi, denah gedung, kelompok kegiatan (kayak ekskul) yang ada di fakultas, organisasi, dan pengenalan dasar lainnya, kalau di EXPO ini, materinya lebih advanced dan kereen!

Di minggu pertama, kita para maba uwu disuguhin materi mengenal diri sendiri dengan metode Johari Windows dan SWOT. Intinya kita jadi tahu apa kelebihan dan kelemahan kita, dan tau aja apa aja niih, yang jadi kekuatan kita dan hal-hal apa aja yang jadi ancaman kita (contohnya tuh misalkan aku anaknya sangat sistematis. Kalau presentasi atau apapun itu, aku harus tahu mau ngomong apa aja, apa yang diomongin pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya sampai akhir. Kekuatan aku tuh berarti segala sesuatu yang aku lakuin jadi rapi. Tapi ancamannya sendiri, aku jadi susah banget kalau disuruh improvisasi karena aku selalu ngeplan semuanya dari sebelum-sebelumnya).

Habis itu, di akhir acara, kita disuruh magang di salah satu kepanitiaan atau organisasi yang ada di fapsi (fakultas psikologi). Terus disuruh bikin CV gitu jugaa. Gak lupa kita juga diminta bikin SWOT yang kayak tadi ituuu. Pokoknya aku bener-bener excited sama program magang ini!

Aku sendiri awalnya minat ke organisasi. Tapi aku juga pengen dapat pengalaman lebih. Jadi plan-ku sih, magangnya di kepanitiaan. Tapi nanti aslinya, bakalan daftar BEM. Tapi gatau juga sih, gimana nanti wkwkwk.

---

Nah lanjutannya, di minggu kedua kita belajar tentang regulasi diri. Regulasi diri ini ada 3 tahap. Pertama, plan. Jadi kita rencanain dulu nih, apa yang mau kita lakuin dan how to do it. Yang kedua adalah action. Ini tuh yaa implementasi dari plan kita tadi. Terakhir adalah evaluasi. Setelah action beres, kita evaluasi nih. Apakah sesuai sama plan dan goals yang kita tetapin? Apakah caranya harus diubah? Yaa intinya kita evaluasi laah dari hal yang udah kita lakuin tadi. Ini belajarnya juga asik bangeet karena pake games! Dan gak kayak games lainnya yang kalo bagian amanat cuma dijawab formalitas "mengajarkan solidaritas, mengajarkan kesabaran, dll .." games yang ini tuh bener-bener dapet banget materi regulasi dirinya menurutku! Emang yak, orang psikologi mah beda.

---

Di minggu ketiga EXPO, ada materi tentang regulasi emosi. Intinya kayak gimana kita ngatur emosi kita. Aku sendiri merasa emang mengatur emosi tuh perlu banget. Tapi aku belum ngeh nyambungnya mengenal diri sendiri&regulasi diri dengan regulasi emosi ini. Kalo dari materi 1 ke 2 yaa emang nyambung gituu. Di materi 1 kita belajar ngenal diri sendiri, materi 2 tuh yaa dari kelebihan sama kekurangan kita, kita jadi bisa bikin plan untuk goals kita di masa mendatang. Tapi kalau soal regulasi emosi aku masih hmmm. Berguna sih, berguna banget. Tapi gatau alasan kenapa habis regulasi diri musti regulasi emosi :/

---

Minggu keempat EXPO alias minggu ini, EXPO-nya libur dulu gengs, wkwkwk. Soalnya ada acara di fakultasku. Acara besar dan ngundang banyak anak psikologi universitas lain. Dan ini berita bahagia sih. Soalnya aku bisa pulang ahahahahahaha alhamdulillah yha seswatuh.

---

Minggu selanjutnyaaa, EXPO hadir kembaliw. Tapi kali ini, aku gak ikutan soalnya my brother wisuda getho jadi ya ... ku harus balik. Meski gak masuk, tapi tetep ada tugas untuk minta review materi EXPO hari tersebut ke teman-teman. Jadii, berdasarkan berbagai sumber, mari kuceritakan pertemuan EXPO keempat ini:

Kalau biasanya kita berkegiatan di fapsi, kali ini kita jalan-jalan ke fakultas lain yang ruangannya lebih gueeedee. EXPO kali ini isinya games semua mau nangis ga sih kamuuu? Giliran gak masuk EXPO nya rame bangeeet (yang kemaren-kemaren juga rame, sih. Tapi ya .. ya .. aku kan mau main games).

Aku mager banget jelasin konsep gamesnya. Jadi aku langsung ke macam-macam games dan hikmahnya aja eak.

Yang pertama judulnya Broken Square. Jadi masing-masing orang dikasih potongan kertas yang musti disusun jadi persegi. Tapi, potongan ini tuh, gak pas gituu. Terus potongan kita tuh bisa jadi ada di orang lain, dan potongan orang lain bisa jadi ada di kita. Tapi kita gak boleh minta. Kita cuma bisa ngasih, dan yang dikasih harus nerima, gak boleh nolak.

Games ini mengajarkan tentang empati pada orang lain. Games ini juga mengajarkan bahwa ketika ada teman yang sekiranya perlu pertolongan (puzzle nya gaberes-beres), kita perlu lihat dulu, nih, apakah kita bisa bantu (ada potongan puzzle dia di kita) atau engga? Kalau misalkan engga, gak apa-apa kok, kita diam aja daripada maksa bantuin dan akhirnya jadi chaos gak cuma buat orang yang dibantu, tapi bisa jadi juga ke diri kita sendiri.

Yang kedua judulnya Silent Hill. Permainannya terdiri dari 3 sesi. Sesi satu, komunikator dikasih sesuatu gituu, terus dia disuruh kasih clue dengan cara memperagakannya secara non-verbal, dan para komunikan (temen-temen sekelompoknya) disuruh nebak maksudnya apa? Kesempatan nebaknya cuma 1 kali. Sesi dua, sama kayak tadi, tapi clue nya berupa verbal, tapi gak boleh sinonim. Kesempatannya juga sama, hanya 1 kali. Terakhir, komunikator boleh kasih clue secara verbal dan non-verbal, dan kesempatan yang dikasih pun berkali-kali sampai jawabannya benar.

Games ini mengajarkan tentang komunikasi yang efektif. Informasi yang disampaikan harus padat dan jelas, menggunakan bahasa yang dimengerti, dan gak lupa juga para komunikan harus mengonfirmasi (di sesi 3) apakah tebakannya udah benar atau belum.

Ketiga namanya Treasure Hunt. Isinya berupa 4 mini-games. Ada sudoku, blind track, crosswords, dan bawa kelereng pake sumpit. Tiap kelompoknya diminta buat kirim perwakilan ke setiap games. Inti dari games ini sendiri adalah kita harus tahu potensi tiap orang di kelompok, karena setiap orang pasti punya talent masing-masing.

---

Ya, gitu aja sih, EXPO keempat sekaligus yang terakhir ini. Di akhir acara, kita diminta bikin projek angkatan dan mengundang seluruh civitas fapsi. Waktu persiapannya kalau gak salah sih, 3 minggu. Di minggu awal sendiri kita pake waktunya untuk pemilihan ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara, dan deretan panitia lainnya serta konsep acara kita sendiri. Minggu-minggu berikutnya barulah dipakai untuk latihan penampilan.

Aku sendiri nari medley disney bagian lagu How Far I'll Go. Aku seneng banget karena sesungguhnya di lubuk hati terdalam, aku anaknya maceuh dan suka banget nari/joget. Kayak denger lagu dikit tuh rasanya langsung pengen gerakin badan, ahahahahaha. Oh iya, koreo nya sendiri dibikin temenku, Ila. Jago beud emangs yak so nice so good.

Oh iyaa, di projek angkatan ini, masing-masing dari kita diminta ngundang kakak NPM (kating yang punya 3 nomor akhir NPM yang sama) secara personal ke acara kita. Aku lihatin orang lain tuh sedih aja gitu. Ada yang kakak NPM nya ngejailin, ada yang gak diread terus, sementara kakak NPM aku tuh baik-baik langsung nanyain "bisanya kapan?" kalau gak, ngasih tahu jadwal kosong dia. Aku ada cerita ngakak dan nyebelin sih, pas ngundangnya ini. Tapi ahahahahahahaha biarkanlah jadi misteri~

Setelah berhari-hari latihan, akhirnya sampai juga kami di rangkaian terakhir EXPO a.k.a projek angkatan! Yuhuuuu! Gak yuhu yuhu banget sebenernya, karena aku beneng beneng mules saking nervousnya. Terus akhirnya aku coba latihan terus-terusan sampai nervousku berkurang. Meski gitu, pas udah di panggung tetep aja deg degannya setengah mati x-x But eventually, I did not reget anything because I think I did great. Eh iya! Gak sampai di sini, di akhir acara juga kita semua nampilin flashmob pake lagu This Is Me. Pas latihannya tuh ya, merinding abiiss. Tapi pas realisasinya, mungkin karena tempatnya luaaas banget (di lapangan), dan lagunya masih kurang keras kalau menurutku, jadinya gak sebikin merinding pas latian di ruangan x-x Tapi gapapa, sih! At least we've done our best <33

Usai projek angkatan, ada penutupan EXPO. Tapi aku gak ikut, karena harus langsung caw untuk kegiatan lainnya. Jadi yaa, sampai di sini sajaaa postingan kali ini. Panjang edan ga sih? Aku kalau jadi pembaca udah meleper duluan diclose pas liat tulisannya sepanjang ini. Ahahahahaha. Makanya, kuucapkan terima kasih buat yang udah mau baca sampai sini.

Biar aku tahu siapa aja yang baca, jangan lupa dikomenin yaak wkwkwk. Maksa nih acu. Ngiahahahaha. Yauda, deh. See you when I see you!


Cau, 2019.

Komentar

  1. Huaa Cau keren banget tulisannya. Makasih banyak antusiasnya selama di APM. Selamat datang di Fapsi Unpad dan selamat berjuang.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer