Postingan ke-26: Take a Step Back

 Bismillah.

Semester 4 jadi semester yang paling sibuk buatku. Setiap minggu harus nulis konten dan interview. Belum lagi tugas magang yang cukup melelahkan karena harus ngumpulin banyak data. Karena berbagai kesibukan itu, akademik jadi terasa semakin berat dan akhirnya keteteran.

Puncaknya ketika UAS, kepalaku yang udah penuh kerasa makin overwhelmed dengan perasaan panik karena belum siap untuk ujian. Akhirnya, begitu UAS selesai dan liburan datang, aku memutuskan untuk rehat dari berbagai kesibukan.

Ku akhiri masa menjadi volunteer menulis konten setelah 6 bulan lamanya. Magang pun syukurnya sudah selesai. Dan di liburan kali ini, aku memutuskan untuk berhenti cari-cari kesempatan magang di LinkedIn dan Instagram.

Berbeda jauh dengan liburan semester sebelumnya di mana aku sibuk banget cari tempat magang. Ingin explore diri, ingin belajar. Tapi kali ini rasanya aku harus take a step back. It was really overwhelming and I experienced burnout.

Tapi udah kayak jailangkung, kesempatan justru datang di saat gak diundang. Diajakin jadi freelancer, lalu ditawarin magang di posisi yang ingin aku explore. It was such a dilemma. This is a rare opportunity and there's no guanrantee that I will be offered again in the future.

But after I gave it some thoughts, akhirnya kuputuskan untuk menolak keduanya.

Sering bertanya-tanya, "Salah ngga ya? Bakal datang lagi ngga ya?"

Sampai akhirnya semester 5 dimulai dengan kondisi aku yang hanya menanggung sedikit amanah di luar kegiatan akademik. Di situlah aku merasa pilihanku untuk menolak kesempatan-kesempatan itu, to take a step back, is the right decision.

Semester 5 dimulai dengan aku yang rajin mencatat. Dengan aku yang mulai memberi banyak kontribusi dan aktif dalam kegiatan kelompok. And I feel happy that I finally able to stay focus on my academic.

Taking a step back won't make you being left behind.

Taking a step back will heal your wounds instead.

So don't be afraid to take a break.

Your sanity should always be your priority.

Komentar

Postingan Populer