Postingan ke-28: Gak Sanggup Membalas Chat

 Bismillah.

Dulu, kalau diadu dengan bot, kecepatan membalas pesanku tuh 11-12, mirip-mirip, alias cepet banget. Pertama karena aku selalu on hampir 24 jam (kecuali tidur). Dan kedua gak ada satu media sosial pun yang ku nonaktifkan notifikasinya. 

Sekarang juga sebenarnya gitu. Ponsel selalu nyala hampir 24 jam kecuali tidur dan kalau lagi dicharge. Semua pesan selalu masuk dan selalu ku baca lewat tab notifikasi. Tapi sejak beberapa bulan lalu, aku selalu ngerasa kesulitan untuk bales satu per satu.

Sebagai orang yang pelupa, chat dari orang lain tuh adalah salah satu pengingat.

"Jangan lupa transfer."

"Jangan lupa tugas A."

"Jangan lupa PPT tugas B."

Dan karena itu, aku selalu menunda baca chat-chat tersebut sampai aku punya waktu untuk ngerjain apa yang diminta. Karena kalau sudah dibaca, chatnya akan tenggelam dan aku bisa-bisa lupa ngerjain task itu. Aku juga seringkali sengaja buka WA, tapi cuma balas beberapa chat aja. Artinya, ada orang di luar sana yang tau last seen-ku beberapa menit lalu, atau aku yang muncul di grup, tapi tetap ngga bales-bales chat mereka.

Iya, aku juga benci sama diri aku. Annoying banget.

Tapi sebagai orang yang sangat-sangat gak suka ngelihat banyak notifikasi unread messages, pada akhirnya chat-chat itu bakal aku balas. Gak akan lebih dari seminggu, at least. Apalagi kalau urgent dan orangnya butuh banget, maksimal 1x24 jam ku balas.

Dulu, aku gak pernah nyangka bakal sampe di titik aku sangat sangat slowrespond. Dan hal itu bukan karena kendala device apapun, tapi memang karena aku merasa capek balas chat sehingga sengaja menunda. 

Aku gak pernah nyangka bahwa aku yang sangat sangat fastrespond dulu, dan selalu kesal sama mereka-mereka yang slowrespond, akhirnya bisa ada di posisi itu dan paham, bahwa kegiatan sesederhana membalas chat bisa sangat overwhelming untuk seseorang.

Sekarang aku berusaha untuk mulai membalas chat-chat yang masuk dengan baik. Wish me luck! Also, to all of you who's experiencing the same thing right now, cheer up! It's okay to take a break, but don't forget to reply all of the messages. They might be really in need for you.

Komentar

Postingan Populer